4 Tips Kuliah Aman dan Nyaman di Arab Saudi

4 Tips Kuliah Aman dan Nyaman di Arab Saudi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Arab Saudi merupakan negara yang tak asing di telinga kalangan umat islam di seluruh dunia. Selain sebagai tempat awal penyebaran agama Islam, Arab Saudi juga dijadikan sebagai tempat untuk beribadah haji dan umrah.

Arab Saudi juga negara yang menjadikan pendidikan sebagai hal yang utama. Anggaran terbesar kedua negara setelah militer adalah dalam sektor pendidikan sehingga banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk para mahasiswanya.

Untuk mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Arab Saudi, pemerintah setempat memberikan fasilitas penuh, baik kepada penduduk setempat maupun warga negara asing.

Hal yang tak kalah unik adalah setiap mahasiswa di Arab Saudi digaji dan diberikan fasilitas berupa asrama yang sangat nyaman.

Jika suatu saat anda berniat menimba ilmu di Arab Saudi, di bawah ini akan kami sajikan tips-tips agar kuliah anda benar-benar aman dan nyaman.

Simak baik-baik, ya, ulasannya:

  1. Pelajari Budayanya

4 Tips Kuliah Aman dan Nyaman di Arab Saudi

Agar anda tidak terkejut ketika anda telah menapakkan kaki anda di Arab Saudi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari budaya masyarakat di sana.

Pada dasarnya, masyarakat Arab Saudi lebih suka berbasa-basi atau dalam bahasa mereka disebut Mujmalah.  Ketika mereka menginginkan sesuatu, mereka tidak langsung mengatakan maksud dan tujuannya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah perihal masyarakat Arab Saudi yang suka bersuara dengan keras. Ketika ada seseorang yang berbicara dengan anda dengan suara yang lantang, jangan mengira mereka sedang marah kepada anda. Berbicara dengan suara yang keras memang budaya orang sana.

  1. Pelajari Hukum Islam

4 Tips Kuliah Aman dan Nyaman di Arab Saudi

Secara konstitusional hukum yang berlaku di Arab Saudi adalah hukum Islam. Jadi jangan heran saat kenalan anda tidak pernah mengenalkan atau bahkan sekadar memperlihatkan wajah istri atau anak perempuan kepada anda.

Setiap waktu sholat, toko-toko di Arab Saudi selalu tutup sehingga anda bisa menyiasati untuk membeli sesuatu saat sebelum atau sesudah sholat.

  1. Pelajari Bahasa Arab

4 Tips Kece Melancong di Mesir

Bahasa Arab merupakan bahasa utama di Arab Saudi sehingga agar anda hidup dengan nyaman di sana anda harus mulai mempelajari bahasa arab semenjak anda di tanah air.

Pada dasarnya Bahasa Arab sendiri memiliki dua macam, yaitu bahasa Arab fushah (bahasa arab standar/baku) dan bahasa Arab amiyyah (bahasa arab pasaran).

Bahasa Arab fushah biasanya dipergunakan untuk komunikasi resmi, misalnya di sekolah, kantor, dan ruang publik formal lainnya. Sementara bahasa Arab amiyyah digunakan untuk keperluan komunikasi atau percakapan sehari-hari.

  1. Biasakan untuk Hemat

5 Cara Ampuh Menggapai Haji Mabrur yang Patut Dipraktekkan

Meskipun anda mendapat subsidi uang jajan dari pemerintah, anda tetap harus berhemat sebab Biaya hidup di Arab Saudi cukup tinggi dan visa pelajar tidak memberikan anda hak untuk bekerja.

Laporan: Fahlaivi

TFA manasek adalah perusahaan nasional yang telah berpengalaman dalam bidang handling jamaah haji-umrah, Layanan Visa & Tiket, Hotel & Katering, Transportasi dan Paket Wisata Timur Tengah.

Contact

  • Menara165
    Lobby Convention
    Jl. TB. Simatupang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 1256
  • Tel.: +1 998 150 30 20
  • Mail : info@tfamanasek.com

© 2021, TFA manasek. All Rights Reserved