9 Strategi Kemenag Tingkatkan Layanan Umroh bagi Para Jamaah

9 strategi kemenag

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Untu meningkatkan pelayanan bagi para jamaah umroh, Kementerian Agama (Kemenag) membuat 9 strategi Kemenag yang akan memanjakan para jamaah.

9 strategi Kemanag ini berkaitan dengan sejumlah pelayanan, mulai dari pengurusan visa, pengembangan asrama, hingga memperpanjang masa manasik sepanjang tahun.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemang, Nizar mengatakan bahwa Kemenag telah membuat 9 strategi dalam pelaksanaan umroh periode 2020-2024 pada Rapat Kerja Kemanag tahun 2020. Secara umum, kesembilan strategi itu bertujuan meningkatkan kepuasan jamaah umroh.

Baca Juga :   Jamaah Haji Sakit di Tanah Suci Dipantau Petugas Kesehatan

“Ditjen PHU sudah merencanakan sembilan strategi untuk meningkatkan pelayanan haji dan umroh mendatang,” kata Nizar dalam paparannya di Jakarta. Kamis, 30 Januari 2020, dikutip dari dilansir Kemenag.go.id.

9 Strategi Kemang

Strategi yang berhasil diterlurkan dalam rapat tahunan tersebut sebagai berikut:

Pertama. Meningkatkan diplomasi dengan Pemerintahan Arab Saudi sebagai upaya peningkatan kuota jemaah haji dan pelayanan serta perlindungan jemaah haji.

Kedua, kloter berbasis wilayah dilakukan sedini mungkin untuk mengefektifkan bimbingan manasik di kecamatan.

Ketiga, respons darurat di Armuzna sebagai bagian dari prosedur pusat krisis dengan melibatkan muassasah.

Keempat, penyempurnaan sistem pelaporan berbasis aplikasi mobile untuk laporan kloter dan pelayanan petugas yang terintegrasi dengan Siskohat.

Kelima, konsumsi full covered, yaitu dengan penambahan konsumsi pada masa peak season.

Keenam, revitalisasi pengembangan asrama haji, selain untuk memberikan layanan kepada jemaah saat operasional haji, juga untuk kegiatan layanan sosial masyarakat.

Ketujuh, pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) untuk mempercepat serta meningkatkan layanan haji dan umroh di kabupaten/kota.

Baca Juga :   Kebiasaan Jamaah Haji Ketika Berada di Dekat Ka'bah

Kedelapan, manasik sepanjang tahun untuk menambah pengetahuan manasik haji bagi jemaah dan,

Kesembilan adalah efisiensi proses visa, yaitu dengan verifikasi dan visa request dilakukan di Kanwil.

Menurut Nizar secara keseluruhan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019 sangat baik, hal ini dapat dilihat dari survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mendapat nilai 85,91.”Keberhasilan penyelenggaraan haji tidak luput dari kerja sama dari berbagai pihak dan instansi,” ungkapnya.

Selanjutnya, Nizar mengatakan bahwa Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag bakal terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk penyelenggaraan haji dan umroh.

 

TFA manasek adalah perusahaan nasional yang telah berpengalaman dalam bidang handling jamaah haji-umrah, Layanan Visa & Tiket, Hotel & Katering, Transportasi dan Paket Wisata Timur Tengah.

Contact

  • Menara165
    Lobby Convention
    Jl. TB. Simatupang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 1256
  • Tel.: +1 998 150 30 20
  • Mail : info@tfamanasek.com

© 2021, TFA manasek. All Rights Reserved