Impresi Naik Kereta Cepat Arab Saudi Haramain Express Makkah-Madinah

Kereta Cepat Arab Saudi Haramain Express

Bagikan

Kereta Cepat Arab Saudi Haramain Express mampu memangkas perjalanan dari Makkah ke Madinah hanya dalam waktu dua jam. Itu sangat berbeda ketika zaman Nabi Muhammad yang membutuhkan waktu tempuh hingga 8 hari.

Kereta Cepat Arab Saudi ini mampu melaju dalam kecepatan 300 kilometer per jalan. Jarak Makkah – Madinah hanya 350 km, maka kereta ini hanya membutuhkan waktu 2 jam 20 menit saja.

Transportasi kereta api memang menjadi solusi karena mampu memotong waktu begitu banyak. Sejauh ini, banyak jamaah yang menggunakan moda transportasi bus. Dengan waktu tempuh 6-8 jam.

Kereta cepat ini masih baru. Mulai beroperasi pada tahun 2018, setelah menjalani proses konstruksi sejak tahun 2009.

Meski sudah bisa beroperasi pada 2018, namun kereta ini baru efektif beroperasi setelah pandemi COVID-19 berlalu, yaitu pada 31 Maret 2021. Sejatinya pengoprasian kereta ini bisa lebih cepat.

Kereta Cepat Arab Saudi ini tidak hanya menghubungkan antara dua kota suci, yakni Makkah – Madinah, melainkan juga berbelok ke Kota Jeddah.

Jarak antara Makkah – Madinah adalah 449,2 km. Kereta ini juga memiliki jalur tambahan sepanjang 3,75 km ke Bandara King Abdulaziz International Airport.

Kereta cepat ini melewati 5 stasiun, yaitu Stasiun Madinah, Stasiun King Abdullah Economic City di Rabigh, King Abdulaziz International Airport, Stasiun Jeddah, dan Stasiun Makkah.

Rasa Naik Kereta Cepat Haramain Express

Kereta ini sangat nyaman, bahkan pada kelas ekonomi sekalipun. Kursi yang diberikan terasa nyaman, meski tak bisa dikatakan empuk. Ada dua pilihan duduk, yakni tegak dan sedikit rebah, plus arm rest di kanan dan kiri.

Kereta ini juga menyediakan kompartemen khusus bagi bagasi yang berada dekat dengan kursi penumpang sehingga dapat mudah dipantau.

Fasilitas standar lainnya adalah port listrik di setiap kursi untuk mengisi daya handphone atau tablet.

Harga Tiket Kereta Cepat Arab Saudi

Mengutip Detikcom, untuk perjalanan dari Makkah ke Madinah, harga tiket Ekonomi Haramain Express dibanderol 150 sar (Saudi Arabian Riyal). Itu setara dengan Rp 606 ribu.

Sedangkan untuk kelas bisnis, harga tiket Haramain Express adalah 315 sar, atar sekitar Rp 1,273 juta.

Dibanding melakukan perjalanan menggunakan bus yang sampai tiga kali lebih lama, naik kereta cepat Makkah ke Madinah ini bisa dibilang jauh lebih baik. Tak heran, kereta cepat Arab Saudi ini menjadi pilihan yang sulit ditolak.