Bau Nyale Upaya Memulihkan Pariwisata Lombok

Pesawat ke NTB Naik, Pariwisata Menurun

Bagikan

Festival Pesona Bau Nyale menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Lombok. Ajang ini juga menggairahkan kembali sektor pariwisata Lombok menghadapi persoalan harga tiket pesawat dan bagasi berbayar.

Kepala Dispar NTB Lalu Muhammad Faozal menargetkan tiga ribu wisatawan hadir dalam Festival Pesona Bau Nyale. “Target tiga ribu wisatawan saya kira realistis,” ujar Faozal di Kantor Dispar NTB, beberapa waktu lalu.

Kementerian Pariwisata mendukung penuh pagelaran ini. Karena sudah masuk dalam kalender event pariwisata nasional. Oleh karenanya, panita mendatangkan desainer ternama, Samuel Wattimena demi menghasilkan peragaan busana.

Bau Nyale dan Mandalika Berzikir

Ada juga koreografer Denny Malik untuk mengemas acara malam puncak pesona kegiatan tersebut menjadi lebih maksimal. Kepiawaian Denny saat menjadi penata tari untuk pembukaan Asian Games 2018 dinilai mampu memberikan sentuhan berbeda dalam pagelaran Festival Pesona Bau Nyale.

“Untuk Mandalika berzikir di pelataran Masjid Nurul Bilad akan menghadirkan Ustaz Yusuf Mansyur, jadi selain event pariwisata tetap ada kegiatan kerohanian,” kata Faozal.

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Andi mengatakan BPPD NTB siap mempromosikan pagelaran tersebut. Andi menilai ajang ini berpotensi kembali menggairahkan sektor pariwisata Lombok.

Event ini jadi suatu yang bisa kita jual untuk membangkitkan pariwisata di NTB, kita harus bersinergi, kalau event ini sukses, semoga bisa tergerak ke event yang lain,” ucap Andi.