Goa Surowono: Surga bawah Tanah Tersembunyi di Pare Kediri

Bagikan

Oleh: Abdika Ardhana Qamara

Saya akan membagikan pengalaman berwisata. Ini merupakan perjalanan menuju destinasi yang belum banyak diketahui oleh publik. Lokasinya di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Di sana terdapat Goa Surowono

Daerah pare itu di mana sih?

Jadi Pare itu berada di Kediri. Daerah itu terkenal dengan tempat edukasi, khusunya di bidang bahasa. Ada  kampung inggris yang sudah dikenal di dunia lho. Keren kan?

Eittsss. Tapi yang akan saya jelaskan di sini bukan kampung Inggris, kawan-kawan. Saya akan membagikan informasi tentang salah satu  goa bawah tanah yang sangat indah.

Kalau dari kampung Inggris jaraknya sangat dekat. Ya mungkin antara 6-12 km tergantung jarak tempat les kalian ke tempat ini.

Goa yang indah ini mungkin masih awam mungkin bagi sebagian orang di indonesia tapi kalau untuk masyarakat kediri khususnya di daerah pare goa ini sangat terkenal.

Jadi tempat ini berada di Desa Canggu di kecamatan pare, kediri Jawa Timur. Desa ini juga terkenal karena banyaknya peternak ikan yang berada di sini. Hampir semua jenis ikan dibudidayakan di sini. Bahkan hampir seluruh wilayah di desa ini adalah tambak ikan.

Goa Surowono ini juga masih berdekatan dengan Candi Surowono peninggalan Majapahit. Ada juga warga setempat yang bilang bahwa ini adalah peninggalan kerajaan kediri. Yang jelas goa dan candi ini peninggalan kerajaan jaman dahulu. hehehe

Tata Tertib di Goa Surowono

Ada beberapa tata tertib yang harus ditaati oleh semua pengunjung yang masuk ke goa ini. Tapi yang paling penting adalah goa ini dilarang keras dimasuki oleh seseorang penderita epilepsi dan juga asma.

Karena emang goa ini sangat sempit. Jadi mohon diperhatikan informasi penting ini ya kawan. Juga yang badannya besar mungkin dipikir kembali jika ingin masuk ke goa ini.

Biaya untuk masuk ke goa surowono ini sangat murah. Hanya Rp 1.000 kalian sudah bisa menikmati goa ini. Mungkin tiket masuk ke goa ini menjadi yang termurah di Indonesia.

Untuk menggunakan jasa pemandu di goa ini pun biaya nya sangat murah. Hanya perlu membayar  Rp 2.000.

Goa Surowono sebenarnya adalah rangkaian sungai bawah tanah. Alirannya cukup deras. Air di sini pun sangat jernih yang keluar dari dinding-dinding di tebing goa .

Ukuran panjangnya sekitar 700 meter sampai menuju ke muara sungai. Juga terdapat banyak pohon bambu di pinggir goa ini.

Kalau kita mau ke sini pun membutuhkan nyali yang besar. Pintu masuk ke goa ini berjarak kira-kira 4 meter di bawah permukaan tanah.

Untuk melewatinya pun kita harus menuruni anak tangga yang cukup licin. Apalagi jika hujan turun, bisa tergelincir dan jatuh jika tidak hati-hati. Untung saja di sini disediakan pegangan agar pengunjung tidak jatuh.

Saat turun ke goa ini kita juga harus siap basah-basahan. Karena kita akan berjalan di air. hahaha dan jangan lupa untuk membawa baju ganti.

Di awal lorong ketinggian nya kira-kira 150 meter. Kata pemandu goa ini memiliki 5 cabang utama. Semakin ke dalam semakin sempit dan semakin kecil tinggi dan lebarnya.

Di dalam sungai bawah tanah ini terdapat arus air yang cukup deras. Terasa seperti berada di alam lain. Hawanya sangat tenang. Ada suara gemericik air dari celah-celah batunya.

Pengunjung cukup ramai pada akhir pekan. Juga hari libur. Tapi kalau hari biasa cukup sepi. Mungkin hanya sekitar 10 orang datang ke sana. Tempat ini masih belum banyak diketahui oleh publik.

Ditunggu kehadirannya di gua yang indah ini ya teman. Terima kasih.