Wonderful Irenggolo

Bagikan

Oleh Siwi Estiningrum

Dikenal dengan nama Air Terjun Irenggolo. Terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab, Kediri Jawa Timur.

Salah satu destinasi wisata alam yang terletak di lereng Gunung Wilis yang sekaligus menyuguhkan keindahan alam atas karunia sang Kuasa. Juga termasuk salah satu spot kekinian bagi pelajar.

Digandrungi wisatawan

Air Terjun Irenggolo sendiri banyak digandrungi wisatawan. Mereka  dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, bahkan teman organisasi.

Akses jalannya yang mudah untuk dilewati sepeda motor, mobil, bahkan truk menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Nah, sobat untuk sampai di Air Terjun Irenggolo dibutuhkan waktu kurang lebih satu setengah jam dari pusat kota kediri.

Suasana hijau

Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Irenggolo sobat akan disuguhkan keindahan kediri yang bisa dilihat dari ketinggian, tumbuhan hijau yang menemani di setiap pinggir jalan, hawa sejuk yang sajikan. Mengingat tempatnya di dataran tinggi, akses jalan yang berkelak-kelok, menanjak, dan menurun. Sangat cocok dengan kawasan pegunungan.

Dibutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi ya sobat. Di penghujung perjalanan terdapat gapura pintu masuk ke Air Terjun Irenggolo. Sobat dapat membeli tiket masuk di gapura pintu masuk. Tenang, harga tiketnya masih sangat bersahabat untuk kalangan pelajar. Dan kapan saja tiket bisa berubah sesuai kebijak pihak yang mengelola.

Terdapat parkiran yang cukup luas. Mampu menampung banyak sepeda motor, beberapa mobil, dan beberapa truk. Tak perlu gundah sobat. Biaya parkir sudah termasuk dalam tiket masuk menuju Air Terjun Irenggolo.

Jangan khawatir

Sesampainya di Air Terjun Irenggolo sobat jangan khawatir tidak ada sinyal atau pun kelaparan. Nah, sekarang sudah tersedia wi-fi dan beberapa warung yang menyediakan makanan. Tenang, harganya juga masih sangat bersahabat dengan katong pelajar.

Sobat jangan bingung mau buang air kecil dimana kalau sobat berada di kawasan Air Terjun irenggolo. Sudah tersedia toilet.  Sobat juga tak perlu bingung untuk melaksanakan sholat 5 waktu, karena sekarang sudah tersedia mushola.

Objek pertama yang sobat temui adalah halaman yang luas, hijau, dan pastinya bersih. Nah, kenapa tadi saya menulis dapat menghabiskan waktu bersama teman organisasi. Karena di objek pertama ini tak jarang juga dijadikan tempat berkemah dan outbound bagi suatu organisasi untuk melepas penat dan lebih bersahabat dengan alam terbuka. Di sini saya juga pernah berkemah dan outbound di Air Terjun Irenggolo sobat.

Puluhan pohon pinus yang tinggi menjulang juga ikut menyajikan keindahan di Air Terjun Irenggolo. Tak jarang juga banyak pinus yang berjatuhan juga dimanfaatkan untuk spot foto kekinian bagi pelajar.

Melewati puluhan anak tangga

Untuk sampai di tujuan utama yakni Air Terjun Irenggolo, sobat harus turun melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu. Dengan ditemani berbagai jenis tumbuhan hijau yang menyajikan kesejukan.

Terdapat satu warung makan di pinggir Air Terjun Irenggolo. Jadi sobat tak perlu kebingungan jika makanan sobat tertinggal di tenda perkemahan. Sesampai di Air Terjun Irenggolo sobat akan dibuat takjub atas salah satu ciptaan sang Kuasa.

Air Terjun Irenggolo ini unik. Membentuk seperti undakan yang menjadikan terlihat seperti terasering. Gemercik air yang mengalir menambah kesejukan yang disajikan. Airnya pun juga jernih. Menambah kealamiaan kawasan wisata alam ini yang kian mejadi daya tarik wisatawan.

Tak hanya masyarakat kediri saja yang tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Irenggolo. Masyarakat sekitar kediri bahkan luar kota banyak juga yang tertarik untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata Alam ini. Cintailah alammu. Bersahabatlah dengan alam. Alam pun juga akan menyapamu dengan segala keindahan yang disajikan.