Eksotisme Pantai Sodong di Perbatasan Samudera Hindia

Bagikan

Oleh : Neti Sudiasih

Hai Traveller. Moment liburan sering digunakan untuk berkunjung ke tempat wisata. Apalagi kalau tempat yang kamu kunjungi memiliki spot yang eksotik, pasti berkesan, iya kan? Pantai memang punya daya tarik tersendiri yang mampu memikat wisatawan baik anak-anak maupun orang tua.

Panorama yang tersaji mampu memberi rasa bahagia bagi pengunjungnya. Selain bisa menikmati desiran ombak, pantai juga sering menjadi wahana bermain pasir untuk anak-anak. Tapi tetap waspada ya, guys, taati semua arahan pengelola pantai agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di antara banyaknya pantai unik di Indonesia, tahukah traveller, ternyata Cilacap Jawa Tengah memiliki banyak pantai yang indah. Hal ini disebabkan karena wilayah pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Di sini ada dua pantai yang sangat ramai dikunjungi

Pantai Sodong Selatan

Dipinggir pantai Selatan Sodong ditumbuhi pohon Cemara yang menjulang tinggi sehingga pemandangan pantai tampak lebih asri. Di bawah pohon Cemara disewakan ayunan jaring yang diikatkan diantara kedua pohon, harganya terbilang murah, cukup membayar 10 ribu saja, kamu sudah bisa berayun sepuasnya.

Wah, asik banget ya guys, berayun dipinggir pantai sambil menikmati sunset. Selain itu, tempat ini juga menyajikan banyak spot yang eksotik untuk berselfi.

Di pantai Sodong Selatan ini, kamu juga dimanjakan dengan beragam pilihan makanan khas setempat. Namun bukan hanya penjual makanan yang ramai peminat, pedagang mainan, dan rumah balon pun laris manis saat hari libur.

Pemandangan Pantai Sodong Selatan memiliki ombak yang tinggi karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga menjadi magnet tersendiri bagi pihak Event Oganizer maupun pemerintah untuk digunakan sebagai tempat event. Seperti Sodong Culture Symphony dan Sodong Bejazz Pesisir pada bulan Januari 2018.

Acara tersebut di create langsung oleh anak-anak Generasi Pemuda Indonesia (GenPI) Cilacap. Ada juga komunitas yang memanfaatkan Pantai Sodong untuk tempat menunggu dan berkumpul sesama komunitas dalam mempererat persaudaraan, diantaranya komunitas Slankers dari Banyumas dan Cilacap.

Pantai Sodong Barat

Di sebelah ujung pantai Sodong Barat terdapat sebuah gunung, yakni Gunung Selok yang nampak menyerupai tebing kapur. Di dalam Gunung Selok terdapat Goa Rahayu dan Goa Naga Raja. Tempat ini juga menyediakan fasilitas dan destinasi lebih banyak, diantaranya Kuda, perahu yang hanya dihargai 10 ribu rupiah. Sedangkan Motor ATV ditarif sebesar 25 ribu rupiah.

Melihat sunset di sini juga bagus banget. Untuk ombak di sebelah sini tidak terlalu besar sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama bermian pasir. Anak-anak juga senang berada di sini. Oh…iya kalau tidak ingin bermain di pinggir pantai, bisa juga lho berenang di kolam renang yang  tidak jauh dari pantai.

Pantai Sodong Barat menjadi magnet bagi pengunjung karena ada view kerennya, yakni sebelah utara dari pantai ada tebing menjulang tinggi dengan pepohonan serta semak yang membuat adem pemandangannya. Tebing ini juga yang menarik pengunjung untuk berfoto ria.

Nah, gimana Treveller? Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Cilacap, jangan lupa untuk mampir di Pantai Sodong. Kamu akan menikmati spot nan eksotik yang ditawarkan pantai ini. Hanya dengan membayar tiket lima ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati keindahan pinggir Pantai Sodong.