Perpat, Surga Kecil Di Selatan Belitung

Bagikan

Oleh : Nimas Budiarti

Desa selalu menjadi tempat indah yang menyuguhkan nuansa kesederhanaan dan kesan unik sebuah kenangan. Hawa sejuk nuansa pedesaan salah satu desa di Negeri Laskar Pelangi mengingatkan kita akan keindahan natural alam Belitung.

Desa Perpat namanya. Sebuah desa kecil yang terletak di bagian Selatan Pulau Belitung ini akan menyejukkan mata anda dengan segala pesona alam yang luar biasa.

Desa perpat terletak di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung dengan waktu tempuh ± 1 jam atau dengan jarak tempuh ± 50 km dari Bandara Internasional Hanandjoedin Tanjungpandan, Belitung. Setiap sudut desa memiliki makna dengan segala mitos unik yang tak kalah menariknya.

Fanorama pedesaan yang masih alami dengan nuansa sederhana namun indah, membuat tak henti-hentinya ingin selalu melewati setiap moment berharga disetiap detiknya.

Desa yang yang terletak di Selatan Pulau Belitung ini di bentengi sebuah bukit yang berdiri kokoh seolah menjadi penjaga desa. Bukit Kubing yang akrab disebut sebagai Gunung Kubing oleh masyarakat sekitar menjadi salah satu kekayaan alam sebagai tempat bergantung penduduk desa.

Betapa tidak, Gunung Kubing menyimpan pesona alam Perpat yang sangat kaya raya.