Februari ini Ada Festival Durian di Borneo. Kesana Yuk

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar festival durian Borneo 2019. Lokasinya di Desa Punggur, Kabupaten Kubu Raya. Acara ini digelar pada 12 -13 Februari.

“Ini harus jadi tradisi rutin. Saya sudah mengarahkan dinas terkait untuk memasukkan budaya ini dalam kalender event daerah,” ujar Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji di Punggur, beberapa waktu lalu.

Varietas unggul

Dia mengklaim durian terbaik di Indonesia ada di Kalbar. Di sana ada 12 jenis varietas durian unggulan.

Diantaranya adalah Durian Balening, Durian Jemungko Kuning, Durian Serumbut, Durian Slipi, Durian, Durian Jarum Mas dan beberapa jenis lainnya. Itu semua rata – rata adalah durian hutan. Sehingga tahannya, tekstur dagingnya, warna, biji dan rasa bisa direkayasa dengan teknologi pertanian.

Andalan

Durian Kalbar cenderung menjadi andalan. Dari sekian banyak jenis, Serumbut adalah varietas yang banyak diminati, karena tekstur isi buahnya yang halus dan tahan lama. Bijinya kecil, warna menarik dan rasanya enak.

“Intinya kita memiliki kekayaan plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Pesan saya jangan sampai durian kita diekspor orang atas nama negara lainnya,” papar dia.

Sutarmidji juga meminta masyarakat atau pelaku usaha untuk membuat produk turunan dari buah durian tersebut. Saat ini turunan durian hanya sebatas pada lempok dan tempoyak.

Berita Terkait