Hijr Ismail Jadi Tempat Favori Jamaah Memanjatkan Doa

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Jika Anda sedang melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Tentunya Anda tidak asing dengan tempat satu ini. Ya, Hijr Ismail tempat ini terletak di sebelah utara Kabah, dengan bentuk setengah lingkaran. Dahulu Hijr Ismail dibangun Nabi Ibrahim sebagai tempat berteduh sewaktu membangun Kabah.

Ketika itu awalnya Hijr Ismail termasuk dalam bagian Kabah, tetapi karena kekurangan biaya, mereka mengurangi bangunan Kabah.

Baca Juga :   Pelajaran Dari Kisah Abu Lahab

Bukan hanya itu, bahkan tempat ini menjadi salah satu tempat favorit jamaah haji untuk dikunjungi. Sebab, lokasi ini adalah salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Dan dianjurkan melakukan salat sunah di sana.

Sementara menurut buku ‘Amalan di Tanah Suci: Membantu Haji & Umrah Anda Lebih Produktif’ karya H Rafiq Jauhary, mengenai awal mula dikenal istilah Hijr sendiri terdapat dua cerita yang berbeda.

Baca Juga :   Kisah Bilal bin Rabah yang Menginspirasi Umat Islam

Cerita yang pertama mengatakan jika Hijr adalah Hujrah, yang merupakan kamar Nabi Ismail yang digunakan untuk beristirahat ketika membangun Kabah dulu.

Sedangakan cerita lainnya mengatakan bahwa Hijr merupakan kuburan Nabi Ismail.

Terhadap dua sumber ini pakar sejarah Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfury lebih menguatkan pada cerita pertama. Terlebih jika dikatakan bahwa Hijr adalah kuburan Nabi Ismail.

Dalam sebuah hadits, dari Aisyah RA berkata: ‘Saya dahulu ingin masuk ke dalam Baitullah dan salat di dalamnya, maka Rasulullah menggandeng tangan dan membawaku masuk ke dalam Hijr lalu bersabda:

‘Solatlah di dalam Hijr jika engkau ingin masuk ke dalam Baitullah, karena sesungguhnya Hijr itu adalah bagian dari Baitullah. Akan tetapi kaummu (Quraisy) kekurangan biaya ketika membangun Kakbah (merenovasinya) sehingga mereka terpaksa mengeluarkannya dari Baitullah’ (Sunan Abu Dawud: 2030).

TFA manasek adalah perusahaan nasional yang telah berpengalaman dalam bidang handling jamaah haji-umrah, Layanan Visa & Tiket, Hotel & Katering, Transportasi dan Paket Wisata Timur Tengah.

Contact

  • Menara165
    Lobby Convention
    Jl. TB. Simatupang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 1256
  • Tel.: +1 998 150 30 20
  • Mail : info@tfamanasek.com

© 2021, TFA manasek. All Rights Reserved