Ini Dia Salah Satu Bentuk Kerendahan Hati Rasulullah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Di tengah-tengah Jazirah Arabia, terdapat seorang laki-laki yang memiliki titik kemuliaan paling tinggi dibanding Raja Persia, di mana ia menyambut manusia dengan kerendahan hatinya. Dialah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah Shallallahu’ alaihi wa sallam menemui masyarakat umum, menyalami tangan-tangan mereka. Beliau tidak pernah melepaskan jabatnya hingga orang-orang lebih dulu mengurai tangan mereka.

Baca Juga :   Konflik antara Jurhum dan Qathura' dan Sejarahnya

Hal tersebut ia lakukan meski dengan seorang Arab desa (Arab badui). Dirinya tidak palingkan padangan wajahnya, hingga orang terlebih dahulu mengalihkan tatapnya.

Beliau juga tidak menjulurkan kaki kala duduk-duduk bersama-sama. Demikian kata Anas bin Malik, sebagaimana diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Baca Juga :   Kisah Nu'aim, Penghancur Koalisi Perang Ahzab

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, ia berkata,

Ada seorang anak perempuan di Kota Madinah, ia menggapai tangan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu menggandengnya (menarik) kemana saja yang ia inginkan.” (HR. al-Bukhari 5724).

Tentunya yang dilakukan oleh Rasulullah tersebut dapat menjadi pelajaran bagi kita, jangan sampai anak sendiri saja meraih tangan kita kemudian menarik-nariknya ke arah yang ia inginkan, namun kita malah memarahinya.

Berita Terkait