Masjid Terbesar di Benua Eropa Ternyata ada di Rusia

masjid terbesar

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tahukah Anda bahwa masjid terbesar yang ada di Benua Eropa berada di Rusia? Tepatnya berada di Chechnya, Rusia.

Masjid terbesar ini diresmikan pada hari Jumat dengan nama Prophet Mohammed, atau masjid Nabi Muhammad. Tepatnya berada di Shali, sebuah kota berpenduduk 54.000 jiwa di luar Grozny, Chechnya, Rusia.

Masjid Prophet Mohammed ini mampu menampung 30.000 orang jamaah. Pemerintah Chechnya mengatkan bahwa masjid yang dihiasi dengan mermer ini tidak hanya sebagai yang terbesar di Benua Eropa, tapi juga merupakan yang terindah di benua tersebut.

Sementara itu, Chechnya adalah salah satu wilayah di Rusia yang memiliki otonomi daerah. Chechnya dipimpin oleh Ramzan Kadyrov, ia adalah salah satu pemimpin beragama Islam yang bersekutu dengan Presiden Vladimir Putin.

Baca Juga :   Mengunjungi Norwegia Utara, Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Aurora Borealis

Kadyrov ditunjuk oleh Putin untuk memerintah wilayah mayoritas Muslim itu pada 2007. Dia telah memelopori kebangkitan Islam di Chechnya, termasuk dengan membangun masjid-masjid mewah.

Kadyrov telah dikritik oleh kelompok-kelompok pembela hak asasi manusia (HAM) atas pelanggaran HAM yang meluas di wilayah tersebut. Namun, tuduhan itu ia bantah.

Para pendukungnya memuji Kadyrov karena mampu membawa kedamaian dan stabilitas di wilayah yang kacau selama bertahun-tahun oleh pemberontakan.

Pada 2008 ia meluncurkan “Heart of Chechnya”, sebuah masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah di Grozny.

Grozny merupakan sebuah kota yang telah dirusak oleh dua perang antara pasukan Moskow dan kelompok separatis setelah pecahnya Uni Soviet pada 1991.

Keindahan Masjid Terbesar di Eropa

Saat masjid ini diresmikan, masjid yang cantik dan besar ini dihadiri oleh para pejabat baik dari dalam Rusia maupun dari luar negeri, termasuk delegasi dari Arab Saudi.

Dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh Reuters pada Sabtu, 24 Agustus 2019, Ramzan Kadyrov menyatakan bahwa masjid ini desainnya unik, memiliki ukuran yang megah dan nampak indah.

Baca Juga :   Misteri Penamaan Desa Zee Ain yang Kini Menjadi Cagar Budaya

Masjid yang juga diklaim sebagai masjid paling indah di Eropa ini memiliki halaman yang luas, terdapat taman bunga yang luas, dengan air mancur menghiasi beberapa sisi masjid ini.

TFA manasek adalah perusahaan nasional yang telah berpengalaman dalam bidang handling jamaah haji-umrah, Layanan Visa & Tiket, Hotel & Katering, Transportasi dan Paket Wisata Timur Tengah.

Contact

  • Menara165
    Lobby Convention
    Jl. TB. Simatupang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 1256
  • Tel.: +1 998 150 30 20
  • Mail : info@tfamanasek.com

© 2021, TFA manasek. All Rights Reserved