Mekah Menyimpan Berbagai Gunung dan Bukit Bersejarah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kita ketahui Mekah merupakan kota suci bagi umat Islam. Di kota ini pun memiliki banyak sekali daya tarik, khususnya bagi kaum muslimin di seluruh dunia.

Baca Juga :   Petugas Haji Wajib Memakai Seragam Setiap Saat

Selain karena Masjidil Haram yang menjadi tempat pelaksanaan ibadah umrah & haji, kota Makkah hadir dengan banyak sekali tempat bersejarah.

Di antaranya yaitu tiga bukit atau gnung batu yang terkenal dan memiliki sejarah perjalanan kehidupan manusia, yakni Jabal (Gunung/bukit) Nur, Jabal Tsur, dan Jabal Rahmah.

Baca Juga :   PPIH Upayakan Pencegahan Kejahatan terhadap Jamaah Haji di Tanah Suci

Untuk Jabal Nur sendiri dikenal karena di sini terdapat Gua Hira yang menjadi tempat turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Sekaligus pengukuhan beliau menjadi Rasullulah.

Sementara Jabal Tsur, menjadi salah satu tempat saksi bisu Rasullulah yang digunakan sebagai persinggahan saat mendapat penolakan dakwah dari kafir Quraisy di Makkah yang mengharuskannya hijrah ke Madinah.

Dan terakhir ada Jabal Rahmah, atau Bukit Kasih Sayang diyakini banyak kaum muslimin sebagai tempat bertemunya Ayahanda Adam a.s dengan ibunda Hawa setelah sekian lama dipisahkan Allah setelah terusir dari Surga.

Berita Terkait