Mengintip Keindahan Tersembunyi Leuwi Tonjong

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sungai yang mengaliri air deras di Leuwi Tonjong menjadi magnet wisatawan berbagai negara. Di sana mereka menjelajahi keindahan alam dari daratan dan udara.

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Destinasi ini  meraih juara kedua Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Kategorinya destinasi wisata Surga Tersembunyi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Leuwi Tonjong menuai prestasi

“Alhamdulilah Kabupaten Garut kembali meraih penghargaan, kali ini penghargaan datang dari bidang pariwisata yaitu wisata air, lewat destinasi wisata Leuwi Tonjong yang berada di Kecamatan Cihurip,” kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman melalui siaran pers.

Ada lima kategori yang diperlombakan, untuk destinasi ini diikutsertakan kategori surga tersembunyi yang akhirnya berhasil meraih juara kedua.

Sedangkan juara pertama diraih Pulau Kellaba Madja, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Juara ketiga diraih Pulau Mahoro, Kabupaten Sitaro.

Ia mengungkapkan, penghargaan dari Kemenpar itu menjadi kebanggaan pemda setempat. Khususnya masyarakat Garut. Dampaknya keindahan alam ini akan menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

Hasil kerja sama

Raihan juara tersebut tentunya hasil kerja bersama yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Tim telah berupaya mempromosikan wisata tersembunyi itu.

Ia mempersembahkan, raihan juara destinasi wisata Leuwi Tonjong itu untuk masyarakat, dan berharap dapat meningkatkan pengunjung untuk berwisata ke Leuwi Tonjong.

“Saya mengapresiasi Dinas Pariwisata yang selama ini sudah bekerja keras dalam mempromosikan setiap destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut,” katanya.

Sebelumnya lomba destinasi pariwisata daerah tersebut terdapat lima kategori yakni Kategori Wisata Olahraga dan Petualangan, Wisata Air dan Ekowisata, selanjutnya tiga kategori baru yaitu Wisata Halal, Wisata Kreatif, dan Cendera Mata.

Berita Terkait