Museum Abdul Rouf Khalil di Jeddah, Salah Satu yang Tertua di Saudi

Museum Abdul Rouf Khalil

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Selesai umroh mau ke mana? Tak perlu bingung, karena Arab Saudi memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Tak jauh dari Kota Makkah, tepatnya di Kota Jeddah, Anda bisa berkunjung ke museum Abdul Rouf Khalil.

Museum Abdul Raouf Khalil yang ada di sudut Kota Jeddah ini merupakan salah satu museum yang cukup tua di Kota Jeddah. Antara Makkah dengan Jaddah jaraknya sekitar 89 kilometer, waktu tempuhnya hanya satu jam saja.

Seperti kita ketahui, baik Makkah maupun Jeddah, keduanya menyimpan banyak peninggalan sejarah untuk dijadikan tempat wisata. Baik yang berkaitan dengan sejarah Islam maupun peninggalan sejarah Arab.

Baca Juga :   Ternyata Ini Alasan Mengapa Jepang Disebut ‘Negeri Matahari Terbit’

Selain itu, berwisata di Saudi tergolong mudah, karena Kerajaan ini telah membuka visa bagi para pelancong, di mana sebelumnya hanya membuka visa untuk haji/umroh dan bisnis saja.

Kembali ke museum tadi, jika Anda ingin berlibur bersama keluarga setelah menjalankan ibadah umroh, museum yang menyimpan sejarah perkembangan Kota Jeddah ini sangat cocok sekali karena bisa sekalian mengedukasi anak dan keluarga soal sejarah.

Museum Abdul Raouf Khalil, Saksi Bisu Kota Jeddah

Museum ini menyimpan sejarah perkembangan Kota Pelabuhan Jeddah selama kurang lebih 2.500 tahun. Dengan umur setua itu, museum tersebut tentu juga menyimpan sejarah pra-Islam. Karena Islam sendiri baru berkembang pada abad ke-7 M.

Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan kekayaan sejarah perjalanan Kota Jeddah hingga masa modern. Di dalamnya, pengunjung juga bisa menikmati bentuk bangunan museum yang dihiasi dengan ukiran kayu.

Ketika masuk ke dalam Museum Abdul Roauf Khalil, pengunjung akan disuguhi empat bagian, bagian pertama adalah bagian yang menghadirkan warisan Arab Saudi, bagian warisan sejarah Islam, warisan sejarah Internasional, serta warisan pameran publik.

Selain keempat tempat tersebut, ada juga bagian yang menampilkan warisan sejarah yang sangat bernilai karena telah berusia selama jutaan tahun.

Nah, jika Anda dan keluarga atau rombongan sudah siap berkunjung ke museum ini, maka bersiaplah untuk datang lebih pagi, karena museum ini sudah dibuka pada pukul 8 pag, hingga pukul 12 siang.

Namun jangan khawatir, museum Addul Raouf Khalil ini dibuka dua kali dalam sehari. Untuk sore hari, museum ini akan dibuka pada pukul 5 sore hingga pukul 9 malam.

Berita Terkait