Pegunungan Zagros di Iran, Fenomena Alam yang Patut Dikunjungi

Pegunungan Zagros Iran

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pegunungan Zagros berada di Teluk Persia, yakni di bagian barat negara Iran. Ia merupakan serangkaian pegunungan yang berada yang menghubungkan antara negara Turki dan Irak.

Jika kita amati, Pegunungan Zagros ini tampak seperti lipatan tanah yang tidak beraturan dengan beberapa gunung dan bukit lain. Bagi warga setempat, pegunungan ini merupakan sumber kehidupan, lahannya yang subur cocok untuk menanam.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, khususnya karena keberadaan kubah dan gletser garam yang berada di atas pegunungan ini.

Baca Juga :   Dubes RI Husnan: Nakhchivan Azerbaijan Tempat Lahir dan Wafatnya Nabi Nuh AS

Jika dilihat dari kejauhan, bagian pegunungan yang tertutup oleh kubah dan gletser garam ini akan terlihat berwarna biru yang indah, kontras dengan perbukitan yang berwarna coklat di sebelahnya, sehingga tampak begitu kontras.

Terbentuknya Kubah dan Gletser di Pegunungan Zagros

Selama berjuta tahun lalu, Teluk Persia adalah kawasan laut yang luas dari saat ini. Luas Teluk Persia ini meliputi Semenanjung Arab hingga ke Iran sebelah barat. Karena pergeseran lempeng tektonik dan peningkatan suhu bumi sebagian air laut di sisi barat Iran mengering dan meninggalkan sisa-sisa endapan garam.

Setelah itu, maka terbentuklah kubah dan gletser garam yang menutupi pucuk Pegunungan Zagros. Adanya air yang mengalir dari pegunungan menyebabkan endapan garam menumpuk dan semakin menebal.

Oleh sebab peristiwa itu, membuat garam menumpuk kemudian bergerak secara alami. Fenomena pergerakan gunungan garam disebut sebagai garam tektonik yang naik dan turun melewati bebatuan.

Seiring berjalannya waktu, gunungan garam berubah bentuk menyerupai kubah. Masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Diapir. Terkadang Diapir menembus dan menyebar ke permukaan secara horizontal seperti sebuah gletser.

Baca Juga :   Ingin Belanja Oleh-oleh Haji dan Umroh Murah? Ini 5 Pilihan Tempatnya

UNESCO menetapkan situs ini sebagai salah satu warisan dunia. Sebab, kubah garam di Pegunungan ini merupakan yang paling kumulatif. Meskipun nyatanya kita sering mendapati fenomena alami ini.

Di masa mendatang, kubah garam di pegunungan Iran ini akan diteliti lebih j\lanjut, menyusul bebatuan di bawahnya berpeluang menghasilkan minyak.

Di bagian selatan pegunungan ini terdapat 130 kubah garam, dan beberapa gua garam sepanjang 6.4 km juga bisa ditemukan di tempat ini.

TFA manasek adalah perusahaan nasional yang telah berpengalaman dalam bidang handling jamaah haji-umrah, Layanan Visa & Tiket, Hotel & Katering, Transportasi dan Paket Wisata Timur Tengah.

Contact

  • Menara165
    Lobby Convention
    Jl. TB. Simatupang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 1256
  • Tel.: +1 998 150 30 20
  • Mail : info@tfamanasek.com

© 2021, TFA manasek. All Rights Reserved