Wadi Al-Bardani, Surga Tersembunyi di Tengah Gurun Pasir Saudi

Wadi Al-Bardani

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Jika Anda menganggap bahwa wilayah Kerajaan Arab Saudi hanya dipenuhi dengan pasir dan bebatuan tandus, maka itu salah besar. Coba datang ke Wadi Al-Bardani, Anda akan segera terbelangak melihat indahnya tempat ini.

Wadi Al-Bardani adalah surga di tengah gurun pasir yang panas, dialiri sungai yang mengalir sepanjang tahun serta ditumbuhi rerumputan yang subur dan berwarna hijau. Banyak orang yang ragu, apa benar ini di Arab Saudi?

Sejumlah wisatawan mengatakan bahwa lembah ini yang terbaik di Saudi. Maklum saja, negara yang didominasi dengan pasir dan bebatuan ini memang sulit menemukan suasan yang teduh dengan udara segar.

Baca Juga :   Yuhuuu! Turis Indonesia Sekarang ke Sri Lanka Bebas Visa

Terlebih ditambah dengan alliran sungai yang tentu saja merupakan hal yang sangat langka di Arab Saudi. Bahkan di negara Arab lain sekalipun, hanya sedikit yang memiliki sungai dengan pemandangan yang indah.

Wadi ini terletak di Bareq, di sisi utara Mahayil Asir. Sungai mengalir sepanjang tahun di sana berasal dari Kota Al-Mashbah, di wilayah yang sama. Selain itu, aliran itu juga mengaliri Wadi Baqrah.

Wilayah ini dikelilingi oleh pegungungan dan hamparan rumput yang sangat subur. Warga setempat mengampil peruntungan dari beternak dan pertanian.

Secara bahasa, Al-Bardani berarti sejuk dan teduh. Arti tersebut memang sangat serasi dengan suasana yang ada di sana. Hawa dingin, pegunungan, aliran sungai, serta udara yang masih asri membuat para pelancong datang ke tempat ini.

Selain Wadi Al-Bardani, Ada Wadi Qanat di Suadi

Ternyata, Saudi tak hanya memiliki satu wadi saja, masih banyak wadi lain yang siap menanti Anda untuk berkunjung, salah satunya adalah Wadi Qanat, di Madinah.

Konon kabarnya, wadi ini memiliki aliran sungai terbesar di Madinah. Alirannya bermula dari dataran tinggi Thaif, lalu menyusuri bagian kanan dan kiri pegunungan hingga ke Wadi al-‘Aqul.

Alirannya melewati sebelah utara distrik timur hingga ke bagian selatan Pegunungan Rumut di permukaan makam para syuhada Uhudu.

Aliran tersebut berakihir di pertemuan muara sungai di daerah Ghabah, selanjutnya aliran tersebut bertemu dengan Wadi al-‘Aqiq dan Wadi Buthan. Di samping sebelah selatan Wadi Qanat ini adalah perkampungan Bani Haritsah dan Bani Asyhal.

Nah, setelah tahu bahwa Saudi merupakan negara yang cukup kaya akan pemandangan indah, sekarang Anda tidak boleh keliru mengatkaan bahwa negara hanya dipenuhi hamparan padang pasir semata.

Berita Terkait