Warga Tetap Jalani Manasik Meski Ibadah Umroh Ditangguhkan

Ibadah Umroh

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Meski secara resmi Pemerintah Arab Saudi memberhentikan sementara ibadah umroh, namun antusiasme masyarakat masih tetap tinggi.

Terbukti, bahwa ada ratusan calon jamaah umroh yang masih antusias mengerjakan latihan ibadah umroh atau masnasik di salah satu tempat manasik di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Di tempat tersebut, jalon jamaah melakukan simulasi ibadah umroh di Tanah Suci. Mulai dari bagaimana saat jamaah berada di bandara sampai praktik mengerjakan thawaf di Masjdil Haram.

Baca Juga :   3 Destinasi Wisata Banyuwangi yang Membetot Perhatian Dunia

Sambil menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi untuk membuka kembali ibadah umroh, dilasir dari Kompas.com, salah satu peserta manasik, Widaryanto mengaku akan berangkat pada tanggal 21 Maret yang akan datang.

Widayanto percaya bahwa Pemerintah Indonesia akan berupaya untuk melancarkan lobi kepada Pemerintah Arab Saudi agar kebijakan pemberhantian umroh bisa dibuka kembali secepatnya.

Selanjutnya, pihak travel umroh berharap kepada Pemerintah Saudi agar mencabut penangguhan umroh yang dinilai membebankan para penyedia layanan umroh.

Arab Saudi Tangguhkan Ibadah Umroh bagi Warganya

Sementara itu, untuk mengantisipasi merebaknya virus corona di Saudi, pemerintah setempat juga menangguhkan umroh bagi warganya.

Pemerintah Arab Saudi telah secara resmi melarang warganya untuk datang berkunjung ke Kota Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Dikutip dari Detik.com, bahwa Saudi Arabia untuk sementara menangguhkan umroh ke Mekah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah bagi warga dan penduduk Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sebelumnya, Pemerintah Saudi juga mengumumkan kasus virus corona pertama di negara tersebut. Diketahui sebelumnya, warga tersebut pernah melakukan perjalanan dari Iran.

Baca Juga :   Tawaf Tengah Malam dan Masjidil Haram yang Tak Pernah Sepi

Kementerian Kesehatan Saudi melakukan tes kesehatan terhadap pria itu setelah memasuki nagara dari Bahrain pada Senin (2/3) waktu setempat. Saat diketahui positif Corona, pria tersebut dibawa ke ruang isolasi di rumah sakit setempat, dikutip dari AFP.

“Diisolasi di rumah sakit,” ujar Kementerian Kesehatan Saudi.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi menunda visa umroh ke Mekah karena virus Corona merebak di dunia. Ibadah umroh biasanya menarik puluhan ribu muslim seluruh dunia ke Saudi tiap bulan.

Berita Terkait