Zamzam Tower, Ikon Kota Makkah yang Wajib Dikunjungi Jamaah

zamzam tower makkah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Zamzam Tower merupakan bangunan tertinggi di dunia nomer 3. Menara yang menjulang ini punya dua sebutan, pertama Menara Jam Makkah dan Menara Zamzam Tower.

Zamzam Tower berada di kompleks Abraj al Bait, salah satu tempat yang terletak di muka Masjidil Haram. Tempat ini merupakan salahs atu tujuan bagi para jamaah haji dan umroh.

Pngunjung bisa menikmati keindahan serta kemegahan bangunan ini. Selain itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tujuan edukasi.

Tidak hanya sebagai tempat edukasi yang bagus, tempat ini juga menyuguhkan tempat belanja, para jamaah biasanya ke tempat ini untuk beli oleh-oleh yang berada di lantai dasar, dikutip dari detiknews.com

Baca Juga :   Jamaah Haji Menjadi Duta Bangsa di Tanah Suci

Barang-barang seperti gelas, piring melamin, boneka, mainan anak-anak, payung dan sederet oleh-oleh lainnya bisa dibeli di tempat ini.

Bahkan, Supermarket bin Dawood ini menyediakan beragam pakaian fashion untuk orang dewasa dan anak-anak, mulai dari baju, sepatu hingga tas.

Fakta Menarik Zamzam Tower

1. Salah Satu Ikon Kota Makkah

Menara pencakar langint ini dibuat memang untuk menambah ikon Kota Makkah. Dari segala penjuru Kota Makkah, ketinggian menara ini bisa dilihat dan mencolok.

Di bagian atas menara, terdapat sabit yang terbuat dari emas dengan tinggi 23 meter. Dari ujung menara ini, Anda bisa melihat keindahan Kota Makkah dan sekitarnya.

2. Menara Tertinggi Ketiga di Dunia

Menara setinggi 601 meter ini terdiri dari 76 lantai dan 858 kamar. Seperti yang sudah disebutkan di depan, menara ini merupakan yang tertinggi ketiga di dunia.

Posisi pertama adalah Burj Khalifah di Dubai, dan yang kedua adalah Shanghai Tower di Cina. Menara jam ini mengalahkan The Big Ben yang ada di Londong.

3. Zamzam Tower Museum

Fungsi lain dari menara ini adalah museum yang edukatif. Pengunjung akan disuguhi info-info menarik seputar struktur alam semesta, lengkap dengan galaks0-galaksinya.

Baca Juga :   Mengapa Jamaah Haji dan Umrah Selalu Ingin Kembali ke Tanah Suci?

Di lantai satu, miniatur alam semesta akan menyambut Anda yang dilengkapi dengan ilustrasi audio visual. Lantai dua, dikhususkan untuk menggambarkan proses perputaran bulan, bumi, dan matahari. Di lantai tiga, untuk mempelajari metode menentukan waktu dan panorama kota Makkkah.

4. Tradisi

Fakta menarik lainnya adalah ketika adzan berkumandang atau waktu solat tiba, semua aktivitas yang dilakukan di dalam Zamzam Tower Makkah akan dihentikan dan akan dijadikan tempat salat berjamaah. Jadi, sesuaikan jadwal kunjungan kamu dengan jadwal salat ya.

Berita Terkait