Pohon Sahabi, Satu-satunya Sahabat Nabi Muhammad yang Masih Hidup

Pohon Sahabi

Bagikan

Pohon Sahabi, atau pohon sahabat, dikenal sebagai satu-satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang masih hidup hingga saat ini. Pohon ini berada di Buqa’awiyyah, Yordania.

Pohon Sahabi, juga memiliki julukan The Only Living Sahabi, merupakan pohon bersejarah yang hingga saat ini terus didatangi orang. Pohon yang usia diperkirakan 1.500 ini, akan terus menjadi saksi keberadaan Nabi Muhammad SAW.

Kisah pohon ini bermula saat Nabi bertemu dengan Pendeta Bahira dalam perjalan dagang ke negeri Syam. Dikisahkan sebelum melakukan pertemuan dengan pendeta tersebut, Nabi sempat berteduh di bawah pohon tersebut.

Pertemuan Nabi dengan pendeta itu merupakan momen penting dalam ingatan umat Islam. Karena Pendeta Bahira lah yang pertama kali meramalkan kenabian Muhammad.

Sang pendeta melihat tanda-tanda kenabian dalam diri Muhammad. Mulai dari tanda lahir di punggungnya, hingga sifat-sifat baik yang tak dimiliki oleh orang biasa.

Penemuan Pohon Sahabi

Keberadaan Pohon Sahabi menjadi misteri, lantaran lokasinya tidak tercatat secara spesifik. Baru pada saat Pangeran Ghazi, bersama dengan Pemerintah Yordania menemukan pohon bersejarah ini.

Disebutkan bahwa Pangeran Ghazi pernah membaca sebuah referensi dalam arsip kuno negara di Perpustakaan Royal Archives. Dalam catatan naskah tersebut, dikatakan bahwa Pohon Sahabi berada di sebuah gurun yang terletak di bagian Utara Yordania.

Ghazi ingin memastikan informasi tersebut, bertekad ingin menemukan keberadaan pohon yang pernah menaungi orang paling suci di dunia itu. Ia tak mau gegabah dalam mencari tahu.

Dia pun mengajak sejumlah ulama untuk memastikan kebenaran infomrasi yang ia dapat. Termasuk seorang ulama besar sekaligus mufti Suriah, Ahmad Hassoun.

Setelah dilakukan pengamatan dan observasi mendalam, keluarlah kesimpulan bahwa pohon tersebut merupakan pohon yang pernah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW berteduh saat perjalan ke Syam.

Hingga kini pohon yang disebut sahabat nabi tersebut dilestarikan oleh pemerintah Yordania dan dipantau secara rutin keberadaannya.

Pohon ini tak hanya penting dalam catatan sejarah umat Islam, namun juga memiliki keunikan tersendiri lantara dapat hidup dengan subur di tengah padang pasir yang tandus.

Pohon Sahabi, adalah satu-satunya pohon yang hidup subur dengan daun yang rindang di kawasan gurun Buqa’awiyya, Yordania. Pohon ini adalah saksi hidup satu-satu keberadaan Nabi Muhammad SAW.