Air Asia Gelontorkan Rp 60 M untuk Bangun Hub di Lombok

Bagikan

Maskapai Air Asia menggelontorkan Rp 60 miliar untuk hub di Lombok. Dana itu juga dimanfaatkan untuk membuka dan memaksimalkan sejumlah rute penerbangan.

Penerbangan itu meliputi Lombok-Bali sebanyak 14 kali dalam sepekan. Lainnya adalah Lombok-Yogyakarta sebanyak tujuh kali sepekan.

Sedangkan penerbangan Lombok-Perth, Australia, sebanyak empat kali dalam tujuh hari. Air Asia juga akan menambah frekuensi penerbangan Lombok-Kuala Lumpur menjadi 14 kali sepekan.

Maskapai ini juga memberikan hadiah istimewa. Yaitu dengan memasang livery bertuliskan Lombok pada pesawat untuk sarana promosi Lombok kepada dunia luar.

Pemerintah sangat mendukung upaya ini. “Saya lihat pelaku industri juga mendukung, antusiasme mereka luar biasa dan siap sekali,” kata Commercial Director Air Asia Indonesia Rifai Taberi.

Air Asia dan dukungan pemerintah daerah

Pemerintah daerah diharapkan bisa menjaga pasar dengan menggencarkan promosi dan penyiapan fasilitar. Harapannya agar rute penerbangan yang nanti dibuka bisa bertahan lama.

Rifai mendorong pemda untuk aktif melakukan familiarization trip (Famtrip) atau wisata pengenalan bagi agen travel dan media dari luar negeri. Tujuannya agar mendorong wisatawan mancanegara tertarik berkunjung ke Lombok.

“Yang paling penting bagaimana (penerbangan) kita bisa berkelanjutan, perlu ada komintmen bersama, mungkin kalau maskapai baru bisa raup keuntungan setlah dua tahun, saat-saat awal harus berikan banyak promosi supaya orang mau datang ke Lombok,” ungkap Rifai.