Uzbekistan Dipamerkan dalam Foto-Foto yang Memukau Para Hadirin

Bagikan

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) menggelar pameran foto Uzbekistan. Acara ini diselenggarakan di Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal, TMII, Jakarta Timur.

Pameran ini akan berlangsung 10 hari hingga 17 Februari mendatang. Penyelenggaraan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Uzbekistan dan Universitas Gunadarma

Foto-foto tempat bersejarah dipajang dalam pameran tersebut. Terdapat juga foto yang menjelaskan tentang sejarah kota yang banyak dihuni oleh para ulama besar, seperti Kota Samarkand, Bukhara, Tashkent, Khiva, dan Termez.

Tidak hanya itu, dalam acara tersebut juga dipamerkan foto dan nama para ulama. Di antaranya foto ilustrasi Imam Bukhari, yaitu ulama besar pengumpul ribuan hadits Nabi Muhammad SAW.

Keterkaitan Indonesia dan Uzbekistan

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Bersejarah di Uzbekistan

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof. Abdurrahman Mas’ud menjelaskan, kegiatan tersebut digelar karena keduanya memiliki titik temu dalam sejarah keagamannya. Pameran ini menunjukkan keterkaitan tadi kepada khalayak.

“Itu konteksnya kerja sama antara kedua negara yang Alhamdulillah kalau kita tilik dari sejarah itu bertemu semua sejarah keagamaannya,” ujar Mas’ud saat ditemui usai membuka kegiatan tersebut, beberapa waktu lalu.

Karena itu, selain menggelar pameran tersebut, pihaknya  juga menggelar seminar. Seminar tersebut menghadirkan dua pembicara, yaitu Sejarawan Rijal Mumaziq dan Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Muchlis M. Hanafi.