Pantai Karangsong: Mutiara di Tepi Pantura Indramayu

Bagikan

Oleh Rifky Anggari

Indramayu memiliki sejumlah lokasi wisata menarik. Salah satunya yaitu pantai Karangsong.

Letaknya di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Meskipun objek wisata ini berlabel pantai, akan tetapi sebenarnya Karangsong menawarkan lebih dari sekedar hamparan pasir dan pemandangan laut. Apa sajakah pesona yang dimiliki pantai ini?

Pantai Karangsong berjarak 6 km dari pusat kota Indramayu. Akses menuju ke pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk dapat  memasuki area pantai, pertama-tama pengunjung harus masuk dan memarkirkan kendaraannya di area pelabuhan. Tempat para nelayan mendaratkan kapal-kapalnya dan mengolah ikan hasil tangkapan.

Di lokasi pelabuhan, pengunjung dapat melihat kapal-kapal nelayan dengan berbagai ukuran. Beraneka jenis ikan hasil tangkapan, serta bagaimana mereka mengolahnya sejak diturunkan dari kapal hingga siap dijual atau dilelang di pasar.

Menuju lokasi wisata

Dari area pelabuhan inilah pengunjung akan diantar menuju lokasi wisata dengan menggunakan perahu motor. Namun sebelumnya, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp15.000 per orang. Tujuannya untuk dapat memasuki lokasi wisata Pantai Karangsong.

Setelah membeli tiket, kita akan diajak menaiki perahu yang dikemudikan dan dijaga oleh dua orang petugas. Jarak dari tempat pembelian tiket ke lokasi pantai tidak jauh. Sehingga perjalanan menggunakan perahu hanya akan ditempuh selama beberapa menit.

Begitu perahu yang kita naiki menjauh dari pelabuhan dan memasuki aliran sungai, kita akan disambut oleh barisan pohon mangrove. Ada juga nyanyian satwa-satwa liar yang tinggal di dalamnya.

Tidak lama setelah itu, perahu akan menepi di pintu masuk kawasan hutan mangrove. Hutan mangrove ini adalah jalan yang harus dilewati oleh pengunjung jika ingin menuju pantai.

Berjalan di sekitar mangrove

Ketika berjalan dari lokasi ini, kita akan merasakan sensasi berjalan di dalam pepohonan mangrove. Suasanya lebat dengan segala ekosistem alaminya.

Sebagai jalan untuk kita pijaki, terdapat jembatan yang panjang berkelok. Terbuat dari anyaman bambu di atas tanah lumpur yang merupakan habitat pohon mangrove dan aneka fauna.

Selama perjalanan menembus hutan, kita dapat melihat pepohonan mangrove yang berdiri dengan kokoh. Ada juga berbagai fauna air yang berenang di aliran sungai kecil dan genangan air di atas tanah lumpur. Serta berbagai jenis burung yang bersarang di atas dahan-dahan pohon.

Satwa yang mendiami hutan mangrove Karangsong yaitu ikan gobi, ikan srinding, burung kowak malam kelabu. Ada juga burung kuntul, dan berbagai spesies satwa lainnya yang mungkin tidak akan kita temukan di tempat lain.

Area taman

Keluar dari hutan mangrove, kita akan menjumpai area taman dimana pengunjung bisa beristirahat sejenak sebelum menuju ke pantai. Di taman ini terdapat menara setinggi tiga tingkat (sekitar 15 meter) yang bisa dijadikan tempat beristirahat dan menyantap bekal sambil menikmati pemandangan.

Dari atas menara kita dapat melihat hamparan hutan mangrove yang tertiup angin laut beserta berbagai burung penghuninya yang beterbarangan kesana kemari. Pesisir pantai dan laut yang luas juga dapat kita lihat dari titik ini.

Selain menara, di taman ini juga terdapat barisan pohon cemara yang berjajar dengan rapih meneduhi bangku taman dan area piknik yang ada di bawahnya. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai menikmati semilir angin, berpiknik, atau sekedar mengambil foto.

Setelah energi kita terisi kembali, kita dapat langsung menuju ke pantai hanya dengan berjalan kaki beberapa puluh meter dari taman. Di pantai kita dapat berjalan menyusuri ombak, bermain pasir, berenang, atau sekedar duduk memandangi lautan lepas. Karena di pantai Karangsong ini kebersihannya cukup terjaga dan tidak ada hewan yang berbahaya.

Kita bisa leluasa bermain dan mengeksplorasi seluruh pantai tanpa takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika kita telah puas bermain dan berkeliling lokasi wisata Karangsong, kita dapat kembali ke pelabuhan dengan menaiki perahu dari dermaga di dekat taman tanpa tambahan biaya sepeserpun. 

Banyak spot foto

Demikian potensi wisata yang dimiliki pantai Karangsong. Bagi anda pecinta wisata alam, tempat ini masih sangat natural. Dikelola dengan baik oleh petugas serta penduduk sekitar yang ikut berkontribusi menjaga kelestariannya.

Jika anda termasuk orang yang hobi berfoto-foto, terdapat banyak spot foto disini yang pastinya tidak akan mengecewakan anda. Pantai Karangsong adalah destinasi wisata yang sangat layak anda kunjungi bersama keluarga maupun orang-orang terdekat anda.

Di samping itu, pantai Karangsong masih belum ‘didandani’ hingga kilauannya dapat dilihat lebih banyak orang. Jika dinas terkait dibantu oleh warga sekitar mau terus mengembangkan potensi wisata di tempat ini.

Caranya meningkatkan fasilitas, menambah wahana air dan daya tarik, serta meningkatkan promosi secara maksimal, bukan tidak mungkin Pantai Karangsong menjadi tempat wisata kelas dunia, bagaikan mutiaranya pantura yang kilauannya menarik turis dari berbagai negara untuk datang mengunjunginya.