10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga

10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga adalah mereka yang hidup pada zaman Nabi dan paling setia kepada Nabi.

10 Sahabat Nabi ini dijamin masuk surga secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, mereka tidak lagi mendapatkan siksa neraka.

Nabi Muhammad adalah nabi yang paling mulia. Beliau adalah manusia terbaik yang pernah diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi ini.

Baca Juga :   Salman Al-Farisi Tertipu, Nabi Muhammad dan Para Sahabat Bertindak

Untuk menjalankan misi kenabiannya, beliau didukung oleh para sahabat yang setiap memperjuangkan tegaknya agama Islam. Banyak cobaan serta penderitaan yang harus dialami oleh para sahabat ini.

Para sahabat yang dijamin masuk surga tersebut merujuk pada hadis Nabi Muhammad SAW. Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi, “Abu Bakar di surga, Umar di surga, Usman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad di surga, Sa’id di surga, Abu Ubaidah bin Jarrah di surga.”

Berikut Daftar 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

1. Abu Bakar Ash Shidiq

Abu Bakar merupakan orang pertama yang masuk Islam. Dia juga setia menemani hijrahnya Nabi Muhammad SAW, membebaskan 70 budak muslim yang disiksa oleh para kaum kafir Quraisy karena melakukan tauhid.

2. Umar bin Khattab

Kesetiaan Umar mendampingi Rasulullah dalam menyiarkan Islam tidak perlu diragukan lagi. Umar selalu mengawal dan menjaga di barisan paling depan ke mana pun Rasulullah ingin pergi.

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan merupakan seorang pedagang kaya raya yang sangat dermawan. Usman bin Affan dikenal sebagai saudagar yang sangat sukses dan ia juga tidak tanggung-tanggung untuk menyedekahkan hartanya untuk kepentingan syiar Islam.

4. Ali bin Abi Thalib

Ali merupakan khalifah keempat sekaligus sepupu sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW. Ali menikah dengan Fatimah Az Zahra. Ali juga adalah orang yang pertama masuk Islam dari golongan anak-anak.

5. Thalhan bin Ubaidillah

Thalhan wafat pada saat mengikuti Perang Uhud. Ia melindungi Nabi yang sudah dalam keadaan terdesak sehingga ia menerima 70 luka dari sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah.

6. Zubair bin Awwam

Zubair merupakan putra dari bibi Rasulullah atau ia merupakan sepupu dari Nabi Muhammad SAW. Zubair termasuk dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalun atau sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

7. Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf dikenal sebagai sahabat Nabi yang memiliki keahlian dalam berbisnis. Ia juga berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa yang ia miliki.

8. Sa’ad bin Abi Waqqash

Sa’ad bin Abi Waqqash masuk Islam pada umur 17 tahun. Dia selalu mengikuti pertempuran dengan kaum Quraisy. Ia juga sempat menjadi pemimpin perang pada saat melawan Persia.

Baca Juga :   Sahabat Terakhir yang Menyentuh dan Memakamkan Rasul

9. Sa’id bin Zaid bin Amru bin Naufal Al-Adawi

Sa’id selalu mengikuti peperangan kecuali Perang Badar, karena pada saat itu ia sedang menjalankan tugas lain dari Rasulullah. Sa’id bin Zaid juga merupakan sepupu dekat dari Umar bin Khattab.

10. Abu Ubaidillah bin Jarrah

Abu Ubaidillah merupakan seorang muhajirin dari kaum Quraisy Mekkah. Ia juga pernah ikut untuk berhijrah ke Madinah dan terlibat dalam peperangan membela Islam.

Berita Terkait